komuter, mereka yang pulang pergi setiap hari dalam sisa hidup dan mempertahankan hidupnya. bertahan demi hidup harus dilakukan dengan smart dan penuh perhitungan, tidak hanya berpikir harus melakukan ini melakukan itu agar tetap hidup namun juga perhatikan lingkungan agar diri dan sekitar dapat hidup dengan lebih berkualitas.
komuter, dengan berbagai karakteristiknya terbagi dalam berbagai bagian terkait dengan kegiatan mobilitasnya, ada yang berkereta, bermobil, gonta-ganti kendaraan, dan bermotor. terkait penggunaan mobilitasnya dan terkait penulis dengan kegiatan mobilitasnya, maka tulisan ini hanya akan dipersempit untuk membahas kendaraan bermotor roda dua.
komuter, menggunakan kendaraan roda dua wara-wiri di belantara Ibukota, kota yang penuh dengan pernak-pernik kehidupannya, dimana segala sesuatunya berhubungan dengan lancar tidaknya lalu lintas jalan raya, dimana segala sesuatunya diharapkan dapat berjalan dengan lancar selancar lalu lintasnya, dimana segala sesuatunya disiasati dengan harapan agar lancar dalam berlalu lintas.
komuter, demi mensiasati macet terpaksa membeli kendaraan roda dua, dan menjadikannya kendaraan favorit yang dipakai setiap hari demi menuntaskan hasrat hidupnya untuk dapat hidup sehidup-hidupnya. demi menggunakannya dengan smart dan penuh perhitungan untuk mencapai kehidupan yang berkualitas, maka bacalah sajian penggunaan kendaraan roda dua dengan tema safety riding ini.
hal pertama yang perlu dilakukan adalah, periksa beberapa hal yang diperlukan dibawah ini sebelum menggunakannya :
- rem, cek mekanisme tuas di setang dan pedal sesuaikan jarak main dengan yang ada di buku manual atau nyamannya dalam penggunaan. kemudian kampas, cakram, sepatu rem, kaliper, dan minyak rem di master rem.
- lampu-lampu, jangan sampai ada yang tidak berfungsi, karena fungsinya cukup vital sebagai penanda keberadaan kita dalam perjalanan. atur ketinggian cahaya jauh-dekat jangan sampai menyilaukan kendaraan yang berada di depan, warna lampu harus sesuai dengan fungsi. lampu besar putih, lampu sein kuning, lampu rem merah.
- spion, sesuaikan ukuran kaca dan panjang tiang dengan postur pengendara. usahakan agar situasi di belakang dapat terdeteksi dengan baik.
- ban, periksa secara berkala tekanan angin seperti yang disarankan dalam buku manual. ukuran ban jangan terlalu besar atau terlalu kecil, ganti sebelum botak, agar lebih ekonomis.
- mesin, lakukan tune up atau servis rutin secara berkala sesuai anjuran, usahakan agar mesin selalu sehat, servis di tempat yang telah ditentukan.
- bahan bakar, isi agar tak kehabisan di jalan. mesin yang dipaksakan hidup dengan bbm yang miris, bisa merusak mesin. selain isi, periksa juga jalur bbm ke mesin, seperti saringannya, karburator dan slang.
- setang setir, jika tangan terasa pegal saat berkendara, cek apakah setang sudah sesuai dengan kebutuhan, dalam arti untuk jarak jauh posisi stang sesuaikan untuk jarak jauh, untuk pemakaian sehari-hari biasanya sudah standard dari pabrik jangan dirubah.
- indikator, biasanya terletak di setang agar lebih mudah di lihat, perhatikan speedometer, odometer, dan yang penting lagi indikator bensin.
demikian beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum berkendara. ada hal lainnya? mari sharing
Makasih sobat
Akhir2 ini di daerahku banyak bgt lakalantas
salah satunya menimpa sahaatku sendiri
Met jalani bulan sci
Mohon maaf lahir dan bathin
Met jalani bulan suci
Mohon maaf lahir dan bathin
Wah….berguna banget uy…
makasih tipsnya…
smoga makin banyak pengendara roda dua yg sadar
pasca idul fitri entar pasti banyak yang mudik, bagi yang menggunakan kendaraan roda dua harus benar2 safety riding 😉
kunjungan balik nih mas, slamat menunaikan ibadah puasa
wah, brarti saya komuter donk naik motor… 🙂
wah, jadi inget blum kencengin rantai… thanx 🙂
hi,
sekedar ngelongok
salam kenal
makasih banget tipnya semoga semua pengendara akan sadar
selamat menunaikan ibadah puasa semoga semakin mantap
salam kenal …..Boyolali
Selamat komuter ‘Pengendara Blog’ dapat penghargaan dari Kabadiklat.
semoga sukses dan blog nya tambah cihuuuuy 😀
salam
saya pulang pergi mengendarai motor = komuter dongg
aku heran kok pengendara spd motor g taat sefti riding y palagi klo lg lmpu merah liat aja pasti bnyak spd mtr yang nyerobot
Kalo tips berkendara bajaj ada gak? coz kendaraan favoritku bajaj 😀
Pindah kerjapun, nyari kantor yg bisa dijangkau bajaj. Pokoknya bajaj is the best! 😉
*kunjungan balik nih*
wah, tips yang sangat bagus dan mencerahkan, apalagi ini menjelang lebaran. pastinya sangat bermanfaat bagi pemudik, termasuk saya. makasih sharingnya, mas….
Secara umum, pemeriksaan dapat juga diterapkan pada kendaraan beroda 4 mas.
Sebelum berangkat biasanya saya cek lbh dulu, ban-spion-bbm-indikator lainnya. (ac, temperatur mesin dll)…..Btw, nice post mas 😀
tambahannya; hati-hati aja. maklum jakarta. jangan suka nerjang lampu merah.
(he..he… nggak nyambung ya…)
yg kurang, jok motor tuh. kalo jok motor ga di cek, sapa tau bolong. khan ga enak kalo di parkir kena ujyan. tar basah celananya deh. secara merembes ke busanya gichu looch…
he..he..he..
tukeran link duuung, link kamu udah ada di link akyu loch… Teman Maya
Selanjutnya musti selalu ingat batas maksimal kecepatan dalam dan luar- kota….
Hiahahaha bener mas aku jg blm pernah liat yang namanya nerjang lampu merah, itu pasti kerana ketinggiannya hehe 😀
ada tips ga untuk menghindar dari polisi? 😀
Sejak menginjakkan kaki di Aussia, saya jadi pengguna setia angkutan umum terutama bis dan kereta yang sangat nyaman. Jadi tak lagi perlu mengecek hal2 diatas, but useful tips 😀
wah, info yang bagus. biar selamat sampai ditujuan. ajal di tangan Allah, tapi sudah kewajiban untuk tetap menjaga keselamatan diri.
oot: tapi kalo di ibukota, saya ngeri naik motor. naik motor di desa aja hampir nabrak sapi. hehe
ada yang kelupaan. alamat rumah saya sudah betul. cukup tersanjung dengan julukan “wanita pemuja lelaki”. mungkin lebih konkritnya “wanita pemuja david cook”. hihihi
wah…makasih neh atas infonya…. 😀 nama saya juga bener kok 😀
Bila semua sudah disiapkan agar selamat sampai tujuan, Orang lain … yang gegabah… tidak tahu aturan (main sruduk… aja)
nah kalo dah begini apa namanya? Bang !
Wah, tips yang menarik nih.
nice tips.. ^_^
hehehe, bulan ini Sby lg ngadain even tahunan safety riding lho Pak 🙂
Intinya selalu taati peraturan berlalu lintas, n selalu safety riding di utamakan n tentunya selalu berdoa sebelum keluar di jalan… ok friends..
ah saya belum jadi comuter 😀
wah klo pngendara vespa harus slalu siap oli nih…
ZHU NI SHENGRI KUAI LE
祝 你 生 日 快 乐!
HAPPY BIRTHDAY YAA…
makan2nya mana???