berkeliaran

tidak ingin terlarut dalam kedukaan, kami menyatakan kesediaan untuk ikut meramaikan family gathering yang diadakan oleh komunitas dzebrakuser. terkesan mendadak dan mepet konfirmasi keikutsertaan kami dikarenakan beberapa hal :

  • masih dalam suasana duka
  • masih belum pasti dengan jadwal ujian dan try out abang aji yang sekarang sudah kelas 6 SMA #eh SD
  • masih ragu dengan kemampuan diri berkendara keluar kota.

berdasarkan ancaman dari panitia, pendaftaran terakhir adalah 24 April 2016. demikian pula konfirmasi keikutsertaan kami terjadi di tanggal tersebut. panitianya hebat nih, patut diacungi jempol karena fast respon. pendaftaran kami langsung ditanggapi dan itu membuat kami merasa aman karena sudah terdaftar.

keesokan harinya, mobil kami taruh di rumah seorang rekan yang pintar opreks mobil untuk di tune up. keinginan kami adalah mobil sudah dalam kondisi sehat ketika akan dibawa keluar kota.

12814041_797620573715543_21494120699516991_n

rencana Allah memang tidak bisa ditentang. tiba-tiba saja hari Jumat harus kena tugas jaga di kantor. tentu saja sebagai pegawai yang baik, saya patuhi walau ada rasa was-was besok akan menjadi seperti apa… tugas ini berakhir pada keesokan harinya pada pukul 08.00 wib. ya sudah mudah-mudahan bisa dijalani dengan baik.

Sabtu 30 April 2016,walau masih kurang fit karena malamnya baru saja tugas jaga di kantor, Sabtu pagi bersama istri pergi ke rumah rekan untuk ambil mobil yang dititipkan selama seminggu untuk di tune up. pesan saya untuk stel klep dan cek rem ternyata belum terselesaikan.klep sudah distel dan lumayan tidak berisik lagi.rem belum diapa-apain. memang sih waktu dititip tidak dipesankan akan dibawa keluar kota. dan lagi sesama rekan jadi pengerjaannya juga nyantai. alhasil sepagian ngerjain rem. belum lagi ternyata tak dinyana tak diduga minyak rem kosong melompong. sampai pukul sebelas siang belum selesai juga, akhirnya pasrah bawa pulang. sepanjang perjalanan pulang tanpa rem. engine break saja.pesan dari rekan, rem akan berfungsi setelah dipakai jalan sambil dikocok-kocok. ternyata tidak terjadi. hikss..pasrah tidak jadi berangkat. posting di medsos mengabarkan tidak jadi berangkat karena tidak ada rem.rekan yang membantu oprek membaca postingan dan bela-bela datang ke rumah menggunakan motor karena bentuk tanggung jawabnya. setelah kotak-katik 20 menit, oke lagi. Alhamdulillah ….rencana jalan pukul 12.00 wib akhirnya molor jadi pukul 14.00 wib. tidak masalah, teuteup berangkat.pemberhentian pertama adalah Depok. jemput ponakan untuk menemani abang aji selama di perjalanan.lanjut masuk tol cijago (cisalak) Depok. awalnya lancar, pas gabung dengan tol Jagorawi, waduh…. padat merayap. dengan semangat membaja, tembus juga ke Bekasi. cuaca cerah dan lancarnya lalu lintas membuat kami gembira.perjalanan terganggu dengan datangnya hujan di kilometer 35. hujan sangat-sangat deras. mobil yang berjalan di lajur tengah terpaksa berpindah ke lajur paling pinggir, dengan pemikiran jika terjadi sesuatu seperti ‘bengek’ masih bisa minggir dengan cepat.Alhamdulillah terlewati dengan selamat. akhirnya di rest area kilometer 39 kami memutuskan untuk beristirahat. di sana kami sempatkan makan, shalat maghrib serta berkeliling sekedar meluruskan kaki dan punggung.km 39

sempat telepon juga ke hotel yang akan kami inapi sebagai konfirmasi bahwa kami akan datang sekalian tanya arah harus keluar tol mana dan kemana lagi.

berangkat….. walau sudah berkali-kali mampir di rest area, tapi baru kali ini bawa mobil sendiri. keluar rest area bingung. tanya-tanya sama orang lewat juga bingung. akhirnya bisa juga keluar rest area diiringi kelam menggelap.

hampir saja tidak masuk tol cipularang gara-gara papan penunjuknya terlalu mepet. ketika ada percabangan jalan antara tol cipularang dan tol cikampek, papan penunjuk jalannya baru ada pas di ujung percabangan, sementara kami berada di lajur tengah. beruntung masih bisa mlipir kiri masuk tol cipularang. kalau tidak … bablas cikampek. ga’ tau keluar tol mana tuh ntarannya.

keluar tol sadang, lurus terus. jalan pelan sambil tengok kiri cari-cari calon kamar yang sudah dipesan. ketemu!

hotel sadang

parkir, resepsionis, buka kamar, balik mobil ambil barang, masuk kamar lagi kemudian adegan di gambar.

pagi selesai sarapan hampir saja ketiduran lagi. untung anak-anak pada berisik. akhirnya pukul 07.15 check out. tidak sampai setengah jam sudah sampai lokasi famgath.

perbaikan famgath 7

masih sepi.

setelah menanti dengan kegiatan rutin harian seperti buang hajat dll akhirnya rombongan nongol. masuk jatiluruh berrombongan. udah kayak touring. :v

family gathering

famgath

acara selesai ga tau pukul berapa. kami mendahului dengan alasan yang kurang lebih, kalau terjadi sesuatu, maka peserta lain di belakang bisa membantu. pukul 13.30 kami berangkat. ternyata benar perkiraan kami, tiba-tiba saja mesin kehilangan tenaga. mati dan tidak bisa starter. tunggu 5 menit baru bisa starter. setelah jalan sebentar, ada truk yang sedang bongkar ban. ya sudah kami berhenti dibelakangnya, kemudian angkat jok. ternyata tutup mesin hilang. olinya muncrat-muncrat berceceran.

perbaikan famgath 2

tidak panik. karena yakin Allah selalu memberi jalan keluar pada setiap permasalahan. tunggu sebentar, muncul anggota komunitas yang dalam perjalanan pulang juga.

ternyata oom Seto. di medsos akunnya mahlukblower. idenya brilian. ditutup pakai kemasan air minum kemudian di tekan oleh botol beling minuman penambah stamina.

starter lagi. jrengg…. lancar tapi harus berhati-hati. beruntunglah ketemu oom Seto, kami dikawal hingga keluar tol. bahkan diantar ke tempat pembelian tutup olinya.

MashaaAllah. Alhamdulillah.

menjelang maghrib, kami berpisah di tempat pembelian tutup oli di daerah Depok. terima kasih ya oom Seto.

lanjut perjalanan pulang terasa bedanya. di gas terasa sekali tenaganya.. manstap…

demikian berkeliaran kali ini. rencananya lebaran akan pulang ke kampung istri di Kutoarjo. akan kah terlaksana ???

wait and see