renovasi rumah 2

setelah bercerita pengalaman berhadapan dengan tukang bangunan, kali ini saya akan berbagi tentang hal-hal yang semestinya diketahui untuk dapat menjadi perencanaan matang ketika akan merenovasi rumah.

1. ketahui badjet maksimal yang anda miliki dengan yakin dan bulat.

pernah dalam merenovasi rumah, kami berpikir bahwa badjet kami akan bertambah seiring waktu berjalan dengan adanya pendapatan dari gaji dan sebagainya. ternyata walau benar adanya, tetap saja beresiko tinggi karena menyebabkan tidak waspada terhadap pengeluaran yang akhirnya jadi banyak tak terhingga karena tak terduga akibat dari lalai menghitung badjet maksimal yang harus dikeluarkan. dengan menggunakan internet, carilah harga barang/bahan bangunan yang akan dibeli. dari sana bisa dihitung kira-kira badjet yang akan dikeluarkan maksimalnya berapa.

2. ketahui keinginan terhadap hasil kerja.

pernah dalam merenovasi rumah, kami berkira bahwa hasil kerja akan berupa seperti ini. jika memungkinkan akan seperti itu. abstrak saja dan tidak pasti. dan ternyata hasil yang didapat adalah seperti apaan ….. tuh. hampir mendekati yang diinginkan tapi tidak sesuai dengan keinginan. carilah informasi desain rumah di internet. ketahui secara pasti bahwa yang akan dilakukan adalah perbaikan ini, mengganti itu dan abaikan yang lain.

3. ketahui kondisi cuaca.

pernah dalam merenovasi rumah, kami berkeyakinan bahwa pekerjaan akan selesai tanpa didatangi hujan. kami keliru. sudah lima tahun belakangan ini kondisi cuaca sama dengan kondisi lalu lintas jalan raya yaitu tidak bisa diprediksi. usahakan ambil pemikiran yang terburuk. hujan selalu datang tak menentu. persiapkan terpal jika akan renovasi atap. kalau bisa masukkan barang/bahan bangunan di bawah atap terlindung dari hujan, terutama semen.

4. ketahui tipikal tukang bangunan yang akan dipekerjakan.

silahkan baca postingan saya terdahulu tentang renovasi rumah, atau klik ini untuk mengetahui tentang tukang yang pernah dan sedang bekerja sekarang di rumah kami.

demikian yang sedikit ini kami bagikan. mungkin masih ada yang lain tapi kami lupa. jangan marah.