tanpa malu

gubernur DKI Jakarta terbaru banyak sekali melakukan terobosan dalam menjalankan amanahnya sebagai orang no. 1 di Jakarta. salah satunya adalah kartu Jakarta sehat. konon KJS ini diadopsi dari program serupa ketika Jokowi masih menjabat sebagai walikota Solo. kini program tersebut menjadi primadona bagi masyarakat Jakarta yang ingin sehat.

KJS adalah kartu yang dapat dimiliki oleh penduduk ber’KTP’ Jakarta seperti saya walaupun tidak berdomisilil di Jakarta. cara mendapatkannyapun mudah : ketika merasa kurang enak badan (manja) segera ke puskesmas terdekat. gunakan ktp untuk mendaftar. berikutnya akan diberikan KJS sementara. dengan KJS sementara ini sudah dipastikan dapat berobat gratis di rumah sakit-rumah sakit tertunjuk. kartu sementaranya saja sudah gratis berobat, apalagi kalau sudah punya KJS nya.

sedikit cerita tentang kartu sehat yang kemudian menjadi beban negara karena dipakai oleh orang-orang yang (menurut saya) tidak berhak menggunakannya :

tetangga saya sakit. dari kantornya tetangga saya ini dirujuk ke RSCM. disanalah tetangga saya menemukan beberapa penyelewengan pengguna KJS. bayangkan, ada pasien yang memiliki kontrakan lebih dari sepuluh pintu, dengan gadget terbaru dan kebetulan berasal dari ujung timur pulau jawa maka mereka senang pakai perhiasan emas besar-besar. sudah jelas mereka bukan termasuk prioritas pemilik KJS. tapi dengan santainya mereka menggunakan fasilitas KJS dan bangga pula.

orang-orang berpunya yang menggunakan fasilitas negara tidak sesuai peruntukannya ternyata bukan hanya dalam hal BBM, tapi juga KJS. bagaimana dengan masyarakat miskin yang benar-benar miskin .. apakah mereka sudah menggunakan KJS. karena masyarakat miskin yang benar-benar miskin biasanya jarang punya KTP. padahal KTP adalah syarat untuk punya KJS.

bagaimana dengan saya sendiri ?? kebetulan saya sama dengan tetangga saya yaitu memiliki rujukan rumah sakit sendiri dari kantor, jadi tidak pakai KJS. dan untungnya lagi rumah sakit rujukannya lumayan jauh dari rumah dan kantor, jadi saya tidak bisa bermanja-manja mengeluh sakit ketika rasa malas datang. kalau rumah sakit rujukannya dekat, pasti deh seminggu sekali mampir dengan tanpa malu.

namanya juga manja