bikin banner dengan data dari excell

kedatangan senior di pagi hari adalah bukan hal yang biasa. dan kami sudah mahfum jika didatangi senior pasti untuk memerintahkan sesuatu. terima saja.

perintahnya menurut saya mudah untuk dilaksanakan. bikin banner/spanduk kecil berisi jadwal program pendidikan tahun anggaran 2013. hanya kemudian data yang saya terima adalah file berformat .xls milik microsoft. awalnya saya coba akali dengan cara capture dengan print screen, kemudian paste di power point. setelah sedikit crop kanan-kiri-atas-bawah, file saya save dengan format .png.

kemudian saya sadar bahwa saya pakai ubuntu, jadi tidak ada photoshopnya. setelah sedikit browsing di internet, pengganti photoshop di ubuntu adalah gimp. ya sudah dengan segera saya download dan pakai.

cara pakainya agak menyulitkan karena tidak terbiasa. tapi dengan mereba-raba karena hampir mirip dengan photoshop, akhirnya jadi juga. filenya tidak diapa-apakan karena bingung hanya diperbesar saja ukurannya dan kembali di save dengan format png.

setelah jadi, file saya bawa menggunakan flashdisk ke tukang pembuat spanduk. antri tiga puluh menit, kemudian dapat giliran. disinilah saya dapat pelajaran berharga tentang pembuatan banner dari file excell, yaitu file gambar saya tidak dipakai tapi langsung pakai file excell dan di convert ke pdf. setelah jadi pdf langsung diedit di photoshop. kotak-katik sebentar, bannerpun siap naik cetak.

wow … Alhamdulillah ada hikmahnya senior datang pagi-pagi.