sensei to iu no wa

disebut sensei tapi kerjanya serabutan.

di kantor tidak ada yang namanya jabatan teknisi komputer. kalau ada kerusakan komputer yang biasanya dipanggil adalah .. saya. sore jelang apel seorang teman dengan wajah melas berkata “mas zenal, komputer saya ga’ bisa dimatikan. setiap kali dishutdown hidup lagi-hidup lagi. akhirnya saya cabut listriknya”.

“oke besok insyaAllah saya periksa”. kemudian pulang.

keesokan hari, setelah apel pagi dilanjut kegiatan rutin –>PBB. kepanjangannya lupa tapi yang pasti itu adalah kegiatan latihan baris-berbaris seperti anak paskibra. bedanya pelakunya kami para lansia tidak seperti paskibra yang gagah dan cekatan.

selesai PBB, lanjut dengan kembali ke ruang kerja dan serta-merta googling menggunakan google (ya iyalah..). yang digugling ?? ya itu ‘shutdown tapi menyala kembali’. dan bermacam keyword yang berkaitan dengan ‘kenapa pc tidak bisa shutdown’.

banyak tips dan saran dalam mengobati pc berkaitan dengan penyakit ini. seperti :

– RAM tidak terpasang, makanya tidak bisa shutdown. (kalau tidak terpasang, kenapa bisa nyala?)

– jumper bios dan seting ulang.

– masuk ke properties my komputer dan hilangkan centang automatically shutdown

– masuk ke registry dan lakukan ini itu

semua tips and tricks serta saran-saran tersebut saya catat dengan pulpen dan kertas bekas, karena tidak ada printer untuk ngeprint.

merasa sudah cukup informasi yang dibutuhkan, segera meluncur ke TKP untuk melakukan perbaikan. tidak lupa bawa obeng serta tang, in case harus bongkar casing PC.

@TKP :

saya : bagaimana ?

teman : ini mas, masa dishutdown hidup lagi.

demo, menghidupkan komputer kemudian dicoba matikan dengan cara : klik start, klik shutdown, kemudian muncul opsi –> log off | restart | shutdown.

saat itu opsi yang terpilih adalah | restart | kemudian klik ok.

sebelum diklik ok, saya sempat bilang “kok restart?”

tapi teman malah bilang “tuh gitu tuh dishutdown nyala lagi”.

>>kemudian saya membatin “ngapain gugling kalau permasalahannya cuma beginian” :tepokjidat:

setelah komputernya menyala kembali, saya tunjukkan cara shutdown yang benar.

teman : terima kasih ya, cuma begitu doang ? :mouth-opened-smile:

saya : iya :mimisan:

sensei to iu no wa