selesai kemudian berlanjut [sebuah harapan]

selesai sudah

kemudian (akankah?)

berlanjut pada sesuatu yang baru

bagi saya, lulus dari pasca sarjana adalah sesuatu yang hambar. tak ada gereget sama sekali. entah apa yang harus saya lakukan pada gelar ini. rasanya berat sekali menyandang gelar magister. apa hebatnya seorang magister?

*mikir di pojokan kantin

dua tahun lebih saya kuliah dengan motivasi ajakan teman. ketika itu teman saya memang sedang getol-getol sekolah. selesai s1, langsung ambil s2. giat pula mengajak-ajak saya untuk kuliah barengan dengannya. entah kenapa setelah sekian kalinya diracuni, kemudian didaftarkan. saya menerima saja. dan berjalanlah perkuliahan tanpa beban, kecuali tentu saja beban uang.

seminggu sekali tatap muka dengan dosen yang berbeda dan perkuliahan yang mumet terutama dengan hitungan-hitungannya. seminggu sekali naik kereta bogor jakarta bogor. sekali bersepeda, tapi cape. rumah ~ kampus lebih dari 50km. cukup sekali gowes, selebihnya berkereta.

deg-degan menghadapi ujian hanya dirasakan satu kali saat pertama mengalami. selebihnya ternyata biasa saja.

hanya hancur-hancuran saat thesis. apalagi seminar atau pra sidang. habis dah ditanya-tanya dengan kosakata dan kalimat ilmiah. -pusing beud-

satu semester sendiri hanya untuk thesis.

alhamdulillah sudah selesai. waktu sidang direkam video. tapi malu ah nontonnya. belum ambil sih di sekretariat. ambil jangan yah………