Untung sekarang ada internet, kalau dulu …

belajar lagi pelajaran anak sekolah dasar ……..

raja ali haji sekarang sudah kelas 2 SD. pelajarannya ternyata tak sesulit yang dibayangkan, walau tetap sulit. masa-masa kembali belajar mempelajari pelajaran anak SD sudah kami mulai sejak abang aji (sebutan kami untuk anak semata wayang) masih duduk di bangku SD kelas 1. ketika itu kami panik sekali. setiap kali abang aji akan belajar kami sudah mempersiapkan mental untuk soal-soal yang pastinya tidak kami mengerti.

padahal dulu seingat saya, orang dewasa di rumah tidak pernah sepanik kami sekarang. kalau ada pelajaran yang tidak bisa saya mengerti, malah kena marah dan dikatakan bodoh. “mangkanye sekola yang bener….!” sedih ya……

sekarang beda. bagaimana caranya kami orang tua mencari tahu pelajaran yang dihadapi anak agar ketika si anak kesulitan kami bisa membantu. ada dua versi yang kami tahu mengenai pembelajaran di rumah. yaitu : pertama orang tua full mengisi PR atau mengerjakan tugas-tugas anak. harapannya agar nilai anak bagus. apakah anaknya mengerti atau tidak urusan belakang. kedua orang tua mati-matian belajar dan kembali mengajarkan anaknya agar mengerti pelajaran dan mengerjakan PR serta tugasnya sendiri.

kami membimbing abang aji untuk mengerjakan tugas-tugasnya secara mandiri. kami tak ingin tugas yang diberikan pihak sekolah kami kerjakan dan mendapat nilai bagus, padahal si abang aji tidak mengerti. kasihan, karena saat ujian malah tidak bisa mengerjakan sama sekali.

belajar pelajaran anak SD sekarang ternyata tidak sesulit yang kami panikkan sebelumnya. karena………….. semua bisa dicari dinternet. memang ada buku yang didapat dari sekolah, tapi entah mengapa ada saja ketidaktepatan isi buku alias banyak sekali kesalahan.

untung sekarang ada internet, kalau dulu …

tulisan ini didedikasikan kepada anak kami tercinta dan diikutsertakan dalam lomba yang diselenggarakan oleh   :