ketika menggapai asa

sempat terfikir, alangkah enaknya komuter hingga Jakarta dengan sepeda. namun memang tidak bisa gowes sejauh itu dan butuh pergantian moda. sabtu 16 april 2011, dengan sedikit ragu saya tetapkan untuk beranjak ke jakarta dalam rangka melakukan beberapa kegiatan sekaligus selama dua hari.

itinery :

keluar dari rumah tepat pukul 07.00 : jalan yang dilalui adalah komplek inkopad tajurhalang menelusuri jalur aspal sasak panjang, pasar selasa, tembus stasiun bojong gede.

stasiun bojong gede pukul 08.00 : tanya petugas di peron, ternyata tidak ada kereta ekspress. tanya kereta yang akan berangkat, ternyata kereta ac ekonomi. dengan tekad bulat, beli dua tiket, satu untuk saya satu untuk sepeda. dengan memberanikan diri melewati petugas pemeriksa karcis di peron dengan menenteng xtrada 4. lolos.

dalam kereta : sudah siap-siap adu argumen jika kondektur memarahi. ternyata tidak ada masalah, dan saya memberikan hanya satu tiket tanpa ada komentar. tiket satunya lagi mubazir deh.

stasiun gondangdia pukul 09.15 : sampai dengan selamat, alhamdulillah.. sedikit foto kemudian turun. ampun dah turun tanggga gotong xtrada 4.

gedung senatama kwitang pasar senen : masuk kuliah di lantai 3. xtrada titip di parkiran motor. modal nekat meninggalkan strada di sana dengan asumsi, dekat dengan petugas satpam, semoga aman.

selesai kuliah pukul 11.00 : keluar kelas bertemu dengan oom sambas dari setbadiklat. haha -hihi sebentar, turun ke parkiran dan …. alhamdulillah masih ada. bayar parkir seribu rupiah, ancang-ancang keluar dari basement pakai gigi terringan.

keluar gedung ketemu teman yang lagi nongkrong, ikutan nongkrong makan mie ayam. siippp. dibayarin.

gowess lagi sekitar pukul 11.30 : kwitang – pasar senen – galur – sumur batu. beli oleh-oleh buat mertua. sampai di rumah mertua cuma sekedar mampir, pergi lagi.

mampir di rumah abang ipar di daerah kebon kosong, ambil kaus untuk ikut funbike besok.

rumah susun dakota kemayoran pukul 12.30 : tempatnya memang kecil cuma satu kamar, tapi lumayan buat kilas balik waktu bujangan dulu tinggal di sini. kegiatannya : nonton tv, secara di rumah tc error, dan nonto dvd. tidur malam pukul 24.00.

pagi setelah shalat subuh pukul 05.30 : berangkat funbike ke RSPAD  Gatot Soebroto. makan bubur sebagai sarapan.

karena malas menunggu, pukul 08.500 : selesai funbike langsung pulang tidak menunggu pembagian doorprize.

stasiun gambir pukul 09.00 : mau beli karcis kereta ekspress, ternyata dijadwalkan berangkat pukul 11.00. jadi selama dua jam ngapain aja……………… akhirnya pindah stasiun ke gondangdia.

stasiun gondangdia pukul 09.05 : setelah angkat-angkat xtrada 4 dengan disaksikan banyak mata, sampailah di loket. kereta terdekat yang akan datang adalah kereta ekonomi. nekat, beli satu tiket Rp. 2.000,- angkat xtrada lagi ke peron, ampuuun dach……

sukses masuk kereta ternyata di dalam juga ada mtb yang dibawa oleh seorang yang mungkin sudah pensiun karena terlihat tua tapi bugar. sukurlah ada temannya. mpet-mpetan di dalam kereta dinikmati saja.

berhubung funbike cuma keliling Monas yang tidak pakai nandjak, maka jiwa petualangan bangkit. turun kereta di stasiun citayam.

stasiun citayam pukul 10.00 : keluar stasiun, bermacet ria kemudian mampir di tukang ketoprak. setelah makan, tanya-tanya rute jalan pada orang sekeliling, segera meneruskan perjalanan.

putar-putar dari citayam menuju rumah malah lebih lama karena sampai rumah sekitar pukul 13.00. berarti funbike sendirian lebih memuaskan dari pada funbike rame-rame di Monas.

untuk tidak menimbulkan rasa penasaran, cekidot :