jurnal komuter : facebook, iklan dan tabloid (pengendaraan bermotor)

komuter ikutan sebuah group yang ada di facebook. group itu berdasarkan pada kesukaan satu merek motor. (garing amat intronya).

beberapa kali komuter masuk dan membaca status yang tertulis. seperti juga facebook pribadi, anggota group sering menuliskan pemikirannya di status. dan dari beberapa status yang masuk, ada yang mengganjal di hati komuter.

barusan gwe berhasil melibas motor ****** di jalur lurus.

atau

siang tadi sebuah motor **** ngebut, langsung aja gwe tarik **** gwe, ketinggalan tuh motor.

kemudian status tersebut banyak yang menanggapi dengan komentar yang cenderung provokatif (ngomporin). hal ini menimbulkan …. apa namanya ? pokoknya sesuatu yang berkecamuk di kepala komuter mengenai berkendara di jalan raya.

dan bukan hanya di facebook saja hal ini terungkap, media televisi pun seringkali menayangkan betapa kencangnya sebuah merek motor. seakan-akan, jika pengendara menggunakan motor tersebut maka akan cepat sampai alam barzakh tujuan.

komuter adalah pengguna sepeda motor sebagai alat transpotasi sehari-hari. karena itu,  komuter merasa perlu untuk memiliki sedikit pengetahuan tentang motor. agar jika ada sedikit kerusakan, bisa segera dibetulkan sendiri. atau minimal saat ke bengkel, komuter sudah tahu apa yang harus diapakan. maka berlanggananlah komuter sebuah tabloid motorplus yang terbit mingguan. seperti juga facebook di atas, dan iklan di televisi, maka tabloid inipun sering mengulas tentang bagaimana cara membuat motor menjadi kencang. dan sepertinya pembaca tabloid ini rata-rata penyuka kecepatan.

fenomena diatas menggambarkan apa yah ??

Diterbitkan oleh komuter

seorang komuter yang wara-wiri antara rumah @Parung dan kantor @Cinere. mobilitas dibantu oleh dua tunggangan setia secara bergantian : smash 2004 dan xtrada2011. sekarang ganti dengan Mio Z karena smash ditabrak ma' ma' sen kiri belok kanan.

78 tanggapan untuk “jurnal komuter : facebook, iklan dan tabloid (pengendaraan bermotor)

  1. haduuh… jujur nih kang, sy gag suka pengendara motor yg kebut2an. nyebeliiiiinnn banget. bahkan waktu macet, trotar tempatku jalan mereka libas juga. pernah tuh lagi jalan diklaksonin dr belakang,sy cuekin ajah…terus aja dia kesel pas agak longgar dia ngebut sambil kesel ngeliatin, sy bls melotot aja hihi

  2. satu lagi, pernah di milis ada yg ngabarin kalo sodaranya meninggal karena kecelakaan motor…(dia pengendara motor merk X dan marah pada pengendara merk Y.. dendam gitu deh)
    saya jawab aja: ooh makanya kalo naek motor jgn ngebut *gag ada duka banget ya… keburu kesel waktu nyebrang jalan mereka lagi2 main libas aja. apa sih yg mereka buru??*

  3. saia ngga suka dengan motor yg sudah dimodif hingga menimbulkan suara berisik yang memekakkan telinga… apa siy bagusnya?
    bising iya, polusi juga iya 😦 😦 😦

  4. sy juga pemakai motor. jalur cirebon kuningan banyak yg kebut2an. jengkel ngeri juga. benar2 aneh dg kecepatan yg sama di kuningan sy termasuk pelan ketika mudik ke jawa kok sy seperti ngebut krn yg lain lebih pelan

  5. mang mas komunter baru sempet buka blog lagi nihh…

    “hallo, sekarang sedang pakai ubuntu nih………”
    wah dah pake ubuntu tohh ..ubuntu apa nih 9.04 (JJ) ato 9.10 (KK) ^_^
    oia hari minggu bsok tgl 13 ada acara linux vaganza release party di smk negeri 3 bogor ^_^
    dari jam 9 ampe jam 3 sore

    “di atas sebelah kanan ada gambar roda bergerigi yang jika ditaruh kursor, tertulis ada apdetan terbaru. setelah di klik, tidak bisa install apdettan terbaru itu….. kenapa yah ??”
    apakah sudah ada koneksi internet??

  6. waah bahaya nih kalo cuma mengadalkan kecepatan, mas komuter juga jangan suka yg cepat2 ya (ngebut) sayang kesehatan, pokok’e kudu hati2 biar selamat, inget moto ” pelan asal selamat” 🙂

  7. Wah iya, saya juga kadang males baca status yang nggak penting kayak gitu.
    Tapi biasalah beberapa orang kan menikmati share yg kayak begituan, nggak peduli pengaruhnya bisa makin banyak yg ikutan2an 😆

    Semoga senantiasa diberi keselamatan, dia dan orang2 di sekitarnya. Amiin.

  8. Itu guwe yang dilibas Bro 😀 ckckck

    soalnya aku skrg naik motornya pelan2 ajach 😀

    Mungkin fenoma ini sdh ada dalam jiwa setiap org utk seolah kita tercepat dan canggih saat berkendara di jalan (Secara Psikologis). Hanya yg mbedain mana yg bisa menahan diri dan yg tidak 🙂

  9. tujuan ngebut itu apa ya??? kalau cuma untuk cepat nyampe di tempat yang dituju sih ok² saja, tp tetap waspada dan jgn bikin orang lain terganggu ..
    kalau untuk sok²an .. tar cepat meninggalin dunia ini gimana????

  10. sebagai yang sering dibonceng kalo naek motor, saya juga pernah nanyain hal yg sama ke ayah yang adalah sang pengendara motor…
    trus ayah bilang, yah begitu lah… seperti lingkaran setan…

  11. sebuah fenomena yang secara sosial sesungguhnya amat membahayakan, mas pengendara. konon ada nilai kepuasan tersendiri apabila motor dg merek tertentu berhasil menyalip motor dg merek lain. sebuah gambaran nyata bahwa banyak orang yang ingin sukses dg mengabaikan dan sekaligus mengorbankan pihak lain.

  12. fenomena karakter masyarakat yang …. mungkin kurang baik..
    akhlak masyarakat.. di jalan raya… kerendahan hati saat di jalan raya diperlukan… juga kehati-hatian dan kewaspadaan..

  13. paling sebel kalo ngeliat pengendara yang sengaja pake knalpot bocor & soak truz digeber2 dijalan… maksudnya apaaaaaaaaa gitu org2 kaya gitu…?? hugh..

    kalo saya mah cukup nyaman pake matic ajah.. 😛

  14. Saya memahami, naik motor memang lebih cepat dibanding naik kendaraan umum yang suka ngetem, bahkan lebih cepat dibanding naik mobil dijalanan Jakarta.
    Namun kesombongan pengendara sepeda motor sangat menyebalkan, tanpa mempertimbangkan lingkungan dan orang lain, suka seenaknya sendiri nyelonong dan menrabas di trotoar. Dan dari FB teman2mu, menunjukkan gejala yang mau menang sendiri, merasa hebat…ini sangat menyedihkan…kenapa nggak mulai membenahi agar etika berkendara diperbaiki…itu gunanya milis atau ikutan dalam suatu grup. Kalau tak ada yang mau saling mengingatkan, kita menjadi bangsa yang akan terkenal orangnya tidak sopan santun dalam berkendara.

  15. saya juga salah satu pengguna motor, sayang motorku tua jadi g bisa ngebutttt hihihi..untungnya masih bisa nyusul motor 250CC yg lagi parkir ato di lampu merah haha..
    pakabar kang?

    salam, ^_^

  16. Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

  17. no offense ya, pak!
    tapi pengendara motor sekarang ini lebih banyak yng sakit jiwa daripada yang warasnya. itu mobil kegores dimana-mana gara-gara pengendara motor berasa lagi jalanin motornya di sirkuit

  18. saya juga pake motor kalo kemana2,suka ngebut juga…tapi mesti liat sikon dulu kalo mau ngebut,kalo rame ya jangan….
    pokoknya sebagai pengguna jalan kita wajib menghormati pengguna jalan yang lain..tuull gak ???

  19. tanda2 kalo beberapa pengendara motor terlalu bangga jadi pengendara motor yang merajai jalanan..

    untung, saya sekarang mengurangi kadar sebagai pengendara motor.. karena saya bangga sebagai seorang pejalan kaki

  20. Artinya komuter itu identik dengan kumpulan anak muda yang hobi dengan sepeda motor berkecepatan tinggi ya? Koreksi saya kalau salah. Hehe!

    Artinya lagi, sebenarnya bangsa ini punya banyak talenta di bidang motosport. Tapi sayangnya, kebanyakan malah dipraktikkan di jalanan umum. Semoga saya salah. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: