jurnal komuter : facebook, iklan dan tabloid (pengendaraan bermotor)

komuter ikutan sebuah group yang ada di facebook. group itu berdasarkan pada kesukaan satu merek motor. (garing amat intronya).

beberapa kali komuter masuk dan membaca status yang tertulis. seperti juga facebook pribadi, anggota group sering menuliskan pemikirannya di status. dan dari beberapa status yang masuk, ada yang mengganjal di hati komuter.

barusan gwe berhasil melibas motor ****** di jalur lurus.

atau

siang tadi sebuah motor **** ngebut, langsung aja gwe tarik **** gwe, ketinggalan tuh motor.

kemudian status tersebut banyak yang menanggapi dengan komentar yang cenderung provokatif (ngomporin). hal ini menimbulkan …. apa namanya ? pokoknya sesuatu yang berkecamuk di kepala komuter mengenai berkendara di jalan raya.

dan bukan hanya di facebook saja hal ini terungkap, media televisi pun seringkali menayangkan betapa kencangnya sebuah merek motor. seakan-akan, jika pengendara menggunakan motor tersebut maka akan cepat sampai alam barzakh tujuan.

komuter adalah pengguna sepeda motor sebagai alat transpotasi sehari-hari. karena itu,  komuter merasa perlu untuk memiliki sedikit pengetahuan tentang motor. agar jika ada sedikit kerusakan, bisa segera dibetulkan sendiri. atau minimal saat ke bengkel, komuter sudah tahu apa yang harus diapakan. maka berlanggananlah komuter sebuah tabloid motorplus yang terbit mingguan. seperti juga facebook di atas, dan iklan di televisi, maka tabloid inipun sering mengulas tentang bagaimana cara membuat motor menjadi kencang. dan sepertinya pembaca tabloid ini rata-rata penyuka kecepatan.

fenomena diatas menggambarkan apa yah ??