tiga teguran pagi itu

berperilaku layaknya komuter… tentu saja namanya komuter, pagi berangkat sore pulang. pagi ini berangkat kerja seperti biasa, namun mendapat tiga teguran.

  1. teguran pertama. dari kemayoran sampai galur, belok kanan pasar senen. belok kanan, ketemu jalan kwini, masuk terus sampai kwitang. di kwitang tepat sebelum patung pak tani ketemu lampu merah. saat berhenti di trotoar ada yang jualan koran. iseng tanpa turun dari motor, mata jelalatan melihat berita-berita dikoran yang di hampar. mumpung gratis. penjual korannya wanita yang duduk sambil mencondongkan tubuhnya ke depan hingga kembarannya terlihat jelas walau tidak menyeluruh. karena salah tingkah dan merasa bukan hak, komuter segera beranjak, memajukan motor. tidak jadi baca koran gratis.
  2. teguran kedua. jalan rasuna said kuningan panjangnya berapa kilometer yah…. saat berkendara ada sepasang pria wanita yang berkendara motor mendahului, namun kemudian tidak beranjak dari pandangan alias kecepatan motornya sama. yang aneh dan kemudian menjadi perhatian komuter dari ujung ke ujung adalah, ternyata wanita yang dibonceng, duduk seperti pengemudi, dan menggunakan rok yang tertiup angin. semua isi rok kelihatan. komuter sudah berusaha mendahului agar tidak melihat terus-terusan, tapi seperti dua kendaraan yang kebut-kebutan. akhirnya komuter mengalah dengan mengurangi kecepatan agar motor tersebut bisa jauh dari pandangan tapi, sudah terlanjur sampai daerah mampang. komuter belok kanan, motor itu lurus.
  3. teguran ketiga. akhirnya masuk jalan fatmawati. sesampai di toko serba ada AB (aneka buana) semua kendaraan harus belok kiri, tidak boleh lurus kecuali sudah lebih dari pukul 10.00 atau kecuali hari libur. komuter tidak belok kiri, tidak lurus, tapi belok kanan masuk gang kecil. namanya gang, pasti masyarakat sana menempatkan polisi tidur, jalan raya saja ada polisi tidurnya. pada sebuah polisi tidur yang cukup tinggi, komuter melihat seorang ibu yang masih muda sedang membetulkan baju anaknya dengan cara merunduk. karena akan melewati polilsi tidur, komuter melajukan kendaraan dengan sangat pelan. dan karena itulah semua aktifitas ibu muda yang berada tepat setelah polisi tidur itu terlihat dengan sangat jelas. boleh dibilang slow motion. sambil merunduk, ibu muda tersebut ternyata hanya memakai kaus yang longgar dan tidak mengenakan apa-apa lagi di baliknya. akhirnya seluruh tubuhnya terlihat dengan sangat jelas.

setelah mendapat tiga teguran tersebut, komuter menjadi berpikir….   apa yang salah sih ??

masa cuma baca koran gratis saja tidak boleh……. ??

masa ……. ??

masa ……. ??