komuter

Jurnal komuter : naik sepeda….. sudah bukan jamannya lagi

In bahan bakar, bensin, biker, jakarta, jalan, jurnal, motor, pengendara, polusi on Agustus 26, 2009 at 8:36 am

Di usia komuter yang terbilang dewasa (usianya saja), komuter perlu untuk lebih mengaktifkan penggunaan organ-organ tubuh agar tetap fit hingga memasuki usia senja nanti. Layaknya pria paro baya lainnya, komuter melakukan aktifitas keseharian dengan rutinitas: bangun pagi, berangkat kerja, bekerja, pulang kerja, nonton tivi, tidur. Nyaris tanpa ada aktifitas olah tubuh (raga).

Sempat terfikir untuk berangkat dan pulang kerja menggunakan sepeda seperti yang sedang happening akhir-akhir ini yaitu bike to work. Karena belum tentu bisa olah tubuh (raga) dengan alasan waktu yang mefet (padahal malas), jadi sekalian berangkat kerja sekalian olah tubuh (raga).

Kebetulan di rumah ada sepeda di belakang milik mbah kung. Kondisinya mengenaskan sekali, mbah kung bilang sepeda itu sudah dimiliki sejak sekitar tahun 60-an. Berarti usianya sangat jauh dengan komuter (tua-an dia). Saat ditemukan sepeda tersebut terkubur setengahnya, hingga perlu sedikit digali. Boleh dibilang sepeda ini bangkit dari kubur.

Dengan semangat perubahan, komuter memperbaiki sepeda sedikit demi sedikit hingga menghabiskan uang lebih dari atau sama dengan setengah jeti. Sebelum dioperasikan sebagai kendaraan berangkat – pulang kerja, komuter gunakan dulu setiap sore untuk membawa abang aji berkeliling perkampungan kemayoran sampai pelosok sunter, galur, cempaka putih dan sekitarnya.

Ternyata….

Naik sepeda tak sesehat yang komuter bayangkan. Bahkan boleh dibilang mudaratnya lebih banyak dibanding manfaatnya (pengalaman pribadi, yang lain aaaau….)

- Polusi di sepanjang jalan di pelosok ibukota tercinta Jakarta raya.

- populasi kendaraan bermotor yang memenuhi semua ruas jalan di manapun anda berada.

- mental para pengendara.  paling parah

Saat mengayuh sepeda, ternyata cukup menguras energi. Walau melelahkan namun menyegarkan, tetapi tarikan nafas yang lebih dalam dan lebih panjang menjadikan debu, asap kendaraan bermotor dll yang biasa disebut polusi udara, dengan leluasa masuk ke dalam rongga pernafasan hingga menjelajahi paru-paru, jantung, berkeliling di aliran darah komuter dari ujung kepala hingga ujung kaki (seperti setan saja).

Setelah mengalami hal di atas komuter segera cari strategi untuk mencari jalan alternatif agar tidak bertemu dengan polusi yang berasal dari kendaraan bermotor. Dipilihlah jalan di perkampungan padat penduduk agar tidak terkena lagi polusi.

Berhasilkah ??

Tidak juga. Setiap pelosok jalan walaupun di gang buntu sekalipun pasti terdapat kendaraan bermotor. Terutama roda dua.

Dan yang paling menakutkan dari berkendara sepeda adalah……., menjadi warga negara kelas terrendah yang pernah ada di muka bumi ini.

Rata-rata pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat bahkan yang lebih banyak lagi rodanya, semua saling serobot, saling sikut. Pasti terlihat siapa yang kalah. Pengendara sepeda. Jalan raya layaknya rimba pertarungan, layaknya zona pertempuran. Kalau hanya memiliki ilmu tendangan dan pukulan saja, atau hanya memiliki senapan angin dan ketapel saja, sudah pasti tersingkir dari kancah perjalanan.

Pengalaman naik sepeda  hati was-was, kalau malam nightmare, pernafasan sedikit terganggu, sering marah-marah, jadi berburuk sangka terus pada pengguna jalan lainnya.

..Naik sepeda sudah bukan jamannya lagi..

About these ads
  1. waah klo memang begitu ceritanya
    ga usah deh bike to work
    Pak
    klo memang mau olah raga
    cari waktu yg pas…dan pilih tempat yg memang untuk olahraga sepeda
    sehat..aman..dan nyaman… :)

  2. maybe sepedanya yg tua-an, coba yg baru… :D

  3. xixixixxii…. kasian banget, pengen sehat malah nyakitin xixixixi….
    mending kalo mw naik sepeda ke lombok aja, udaranya masi bersih n sehat, kalo main sikut tergantung kali ya?? :D geli bnget dengernya yg make sepeda akan tersingkir dari kancah perjalanan…
    Sabarrrr…..
    sepertinya kita senasib, waktu unt olah raga uda ga ada, krn cape pulangnya lngs tidur (malas sebenarnya HAHA)
    yuu… cari alternatif olah raga yg lain, apa ya? ^^

  4. berangkat kerja trus kerja, pulang kerja udah kecapaian ya mas… sampai ga sempat lagi olahraga…
    maksimalkan weekendnya deh mas… olahraga tetep penting kan ya.. investasi tubuh. heheh…
    tetep sehat ya..

  5. Assalamu ‘alaikum WR, WB
    Alhamdulillah! Kita semua masih bisa bertemu Ramadhan 1430 H Tahun ini, Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan segala perintahNnya, Amiin.
    Sahabat! 2 minggu lagi sebuah kontes seo RZSV yang saya ikuti akan berahir. Ada mimpi untuk memiliki sebuah komputer dengan berharap bisa memenangkan kontest tersebut. Saya tahu kontes ini berseberangan dengan idealisme blogger yang seharusnya, namun niatan tulus hanya untuk belajar seo. Jika berkenan sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian sidebar atau blogroll blog sahabat, dengan link ke blog utama bukan pada Artikel. Seditaknya sampai kontes seo ini berahir, yaitu sampai 12 september saja,Setelah kontes berakhir, sahabat bisa menghapusnya. Bantulah saya mewujudkan impian saya, bantuan backlink dari sahabat sangatlah berarti bagi saya. tiada yang bisa saya berikan sebagai balasan atas bantuan dari sahabat kecuali ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta link back sebagaimana tradisi bertukar link.
    Wassalamu ‘alaikum WR. WB

  6. ironis ya, naik sepeda mau sehat tapi kondisi lingkungan malah melunturkan makna dari sehat itu

  7. emang susah kalo polusi gitu, mau melakukan sesuatu yang sehat malah jadi gak sehat

  8. Iya juga ya, bukannya sehat malah ber resiko kena penyakit paru2 :D

    kalo gt harus cari alternatif olahraga lain biar te2p sehat. . .

    Salam. . . ^^

  9. ayo semangat kerjanya… semangat

  10. menurut yang pernah saya baca, jika pengendara sepeda di daerah jakarta sudah ada 1 juta orang, rencananya fauzi bowo bakalan membuat jalan khusus untuk pengendara sepeda,
    kalau di Yogyakarta, tidak ada jalan yang khusus, tetapi di jalan jalan protokol di beri tanda jalan alternatif untuk para penguna sepeda

  11. Kalo saya lain lagi, kayanya beda dengan semua komen di atas, saya justru mendmbakan kalo di bogor bisa pake sepeda semua. biar bogor kembali asri, sekarang dah beda2 tipis dengan jakarta.
    Salam

  12. wahwahh ,, d jkt gt ya ??
    kyakna perlu dibuatin jalur tersendiri untuk pengendara speda ..

  13. bersepeda di ambon om, di pinggir pantai dijamin suegerrrrrrrr….. hehehe

  14. hahaha….
    kesian deh….

    kemarin ke parung kuda
    trus mampir di manalagi
    bepergian dengan sepeda
    uda bukan jamannya lagi

  15. Naik sepeda harus digalakkan , buat kesehatan juga ngurangin polusi kendaraan

  16. wah, jgn ampe… kita harus go grin.. :D /

  17. Selamat pagi kawan, Selamat menunaikan ibadah puasa… ^_^

  18. salam bahagia, naik sepeda bagus kok…mungkin jangan ngebut…biar napasnya teratur …hemat kan ?

  19. wah, masa iya, kalo di surabaya,, masih banyak lho.. sepeda onthel ! mbak2 di kontrakanq juga bnyk yg pake sepeda onthel, asyik lho

  20. aku udah lama banget ga naek speda wkwkwkwk…

  21. Assalaamu ‘Alaikum
    Selamat Pagi !!!
    Pagi ini Abifasya menyapa sahabat dengan penuh kerinduan,
    Mari sambut hari senin ini dengan penuh keceriaan dan harapan untuk senantiasa mendapatkan Ridla Allah, awali langkah kita saat hendak barangkat kerja dengan “Bismillah”, semoga Allah menjadikan langkah-langkah kita sebagai amal shaleh.
    Dan jangan pernah berkata : “Aku Benci Hari Senin”
    Salam Ramadlan penuh Berkah.

  22. jauh-jauh naik sepeda, mo ngucapin :
    mohon maaf lahir dan bathin, selamat idul fitri 1430 Hijriah.
    salam untuk keluarga.

  23. naik sepeda atau tidak pak . yang jelas sehat memakai sepeda

  24. sekarang jamannya naik busway ama monorail,,,

  25. wah,,ga bener tuh,,kalo mau sakit jantung atau lemak bertumpuk,,boleh bilang naik sepeda udh ga jaman,,,sorry ya pak,,

  26. Tergantung orangnya kali mas..nek saya nyetir dijalan si saya ndak pernah nyerobot…soale pake ilmu sabar…nek semua orang pingin cepet yo akhirnya malah jd semrawut tho..jd kunci-nya di mulai dari diri kita masing2 :)

  27. jamannya udah canggih… tapi naik sepeda tetap memberikan nuansa tersendiri lho….!

  28. kesempatan kita tingal dua hari lagi, semoga menjadi hari terindah dalam romadhon dipenghujung hari.

    mohon maaf lahir batin TaqobaLLahu minawaminkum..taqobaLLahu ya karim

  29. hihihi.. serba salah juga ya, mas…

    mending bersepedahnya di UI ajah, ada jalan sendiri buat sepeda *solusi yg tdk menyelesaikan masalah, hehehe*

  30. HHmm…Sebenarnya saya kurang setuju kalo dibilang naik sepeda bukan jamannya lagi Pak Komuter…
    Meskipun kenyataannya memang sangat tidak mengenakkan..
    Namun kan, jika kita mau kembali lagi dan sadar diri kembali, naek sepeda saat kerja, sekolah atau sekedar jalan2 akan menyehatkan dan tentu tidak akan banyak polusi lagi..

    Semoga masih banyak orang2 yang berpikiran sama dengan saya ini..

    Salam semangat dari Bandung
    http://garasiusaha.wordpress.com/

  31. seharusnya ada jalur khusus yan9 diberikan kepada pen9endara sepeda,layakna busway…

    iyah benar kendraan roda dua aka motor kian padat,dan men9endara seenak udelnya…

    enakna seeh klu nyepeda pas libur ajah..
    klilin9 kompleks ato jalan yan9 masih se9er :D

  32. Kalo pake masker biar tidak kena polusi gimana?
    tapi kayaknya memang benar, tetep tetep ada resikonya yang gak kalah besar kalo naik sepedanya ke kantor buat pengganti mesin,
    kalo memang buat niat olah raga pas waktu-waktu tertentu kayaknya itu yang cocok!
    Cara Membuat Blog

  33. pandangan orang memang berbeda-beda ya, mengenai bersepeda ke kantor. ada yang menganggap lebih bermanfaat, ada juga yang sama saja, malah tambah tidak baik buat kesehatan.
    salam kenal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: