IBSN : antusiasme komentator konsep sang pengendara

Dalam membuat tulisan/posting, setiap blogger memiliki ciri khas masing-masing. Yang umum adalah menuliskannya langsung pada tulisan baru di dashboard. Ada blogger yang menulis di kertas sebelum menuangkannya di blog, ada yang menuliskannya di word atau media proses kata lainnya sebelum disalin kembali ke blog dan ada yang langsung menuliskannya di dashboard, namun sebagai draft untuk kemudian dibetulkan hingga siap untuk diterbitkan/publish. Beberapa blogger yang menuliskan calon tulisan/draft di draft dashboard antara lain cenya95 dan achoey. Setelah menulis di draft, mereka menjadwal kapan tulisan akan terbit dengan otomatis. Selama belum terbit/publish, pastinya jika ada keraguan, draft bisa dikoreksi/sunting.

Selain disebut draft, calon tulisan yang akan terbit biasa juga disebut konsep. Karena konsep, terkadang isi bisa berubah jauh dari konsep awal ketika ide didapat. Bahkan tidak jarang setelah isi berubah, judulpun menyesuaikan, akhirnya ide awal pembuatan konseppun terhilangkan tak berbekas.

Bagaimana dengan komuter ??

Dalam membuat tulisan, komuter biasanya langsung menuliskannya dalam tulisan baru di dashboard, dan setelah dirasa selesai, langsung diterbitkan. Namun walau telah terbit, bukan berarti tidak ada suntingan lagi. Bahkan bisa 2 atau 3 kali menyunting, hingga dirasa pas atau sampai tidak ada waktu lagi untuk menyunting. Saat terbit, entah bagaimana ada juga para komentator yang sudah menunggu. Tidak peduli tulisan sudah selesai atau masih berupa konsep, pokoknya saat mampir dan melihat ada postingan baru, langsung saja dikomentari. komuter beberapa kali menerbitkan tulisan yang masih berupa konsep, namun begitu muncul sudah langsung dikomentari. Hingga mood untuk menuntaskan tulisanpun terkadang menjadi hilang, karena pesan/isi tulisan sudah dianggap dimengerti para komentator. komuter heran bagaimana mereka tahu ada postingan yang ditampilkan pada detik pertama, dan langsung komen, walaupun postingan belum jadi ?? tapi komuter senang karena berarti ada antusiasme dalam berbagi komen. Hanya untuk sekarang ini sudah jarang yang mengisi komen pertama dengan pertamaxxx hingga hetrixx seperti waktu masih muda dulu…??… Jadi walaupun komen yang pertama kali, langsung berbobot. cenya95, deeedeee adalah beberapa entusias yang cukup mengherankan komuter dengan kecepatannya, hingga beberapa kali postingan yang belum jadi mereka komentari, bahkan deeedeee sempat menanyakan postingan yang sudah dikomentarinya namun terpaksa dihilangkan oleh komuter karena belum jadi, maaf ya deee tapi komennya komuter simpan dalam hati.

Setelah mengamati dan mampir ke beberapa blog, akhirnya komuter mengerti bahwa ada fasilitas yang terdapat di wordpress yang bisa mendeteksi adanya tulisan baru dari seorang pengguna wordpress.

Fasilitas tersebut adalah peselancar blog. Pernah pakai ??

fasilitas ini ada di dashboard. Bukalah dashboard, atau arahkan pointer mouse ke akunku di sudut kiri atas, klik peselancar blog. Isikan nama blog yang ingin diketahui saat ada postingan baru, cukup namanya saja tanpa wordpress.com. kemudian postingan hari keberapa yang ingin ditampilkan.

Anda antusias ??