jurnal komuter : perpanjang STNK

lima tahun sudah dia menemani kami dalam suka dan duka, menggendong kami kemana kami mengarah.

19 maret kemarin adalah hari ulang tahunnya, tidak bisa dirayakan hari itu jadi dirayakan keesokan harinya pada tanggal 20 maret 2009 di KOMDAK polda metro jaya, kantor SAMSAT.

acara : perpanjang STNK.

langkah-langkah perpanjang STNK :

1. persiapan –>

a. BPKB asli untuk sekedar diperlihatkan sebagai legalitas kendaraan

b. KTP asli pemilik kendaraan sesuai STNK dan BPKB

c. STNK asli tentunya yang pajak pertahunnya sudah lunas

d. semua persiapan di atas diphotokopi menjadi 4 bundel

e. uang sesuai yang tertera di pajak STNK dan uang receh 5 ribuan x 2

2. lokasi polda –> saat datang komuter pikir masuk dari sebrang pintu masuk JCC Senayan (pintu 5), setelah dari Jembatan Semangi ada pintu masuk. ternyata tidak bisa, jadi harus berputar masuk SCBD, ikuti jalan saja karena petunjuk di jalan cukup jelas. tepat di seberang gedung bank mandiri gatot soebroto.

3. perpanjang STNK –>

a. masuk Polda, setelah menerima karcis parkir jangan langsung parkir motor/mobil, namun segera belokkan kendaraan ke kiri untuk cek phisik. PENTING : MENGHEMAT WAKTU

b. setelah gesek bodi dan mesin, parkir motor/mobil di tempat parkir dan kembali ke loket cek phisik untuk ambil hasil cek phisik.

estimasi waktu : + 15 menit

c. masuk gedung SAMSAT, karena perpanjang STNK motor, komuter diarahkan petugas piket untuk segera ke lantai 4 melalui tangga. (cape tapi enak)

d. Loket 1a lakukan pengantrian untuk ambil formulir STNK (perpanjangan, pembuatan baru, dsb)

e. Isi formulir tersebut (usahakan bawa pulpen sendiri, kemarin pinjam), selesai, antri kembali di loket 1d. berikan form + photokopi & dokumen asli KTP, STNK, & BPKB. Setelah itu terima nomor antrian.

f. Bergeser ke tengah. di loket 2, nomor antri akan dipanggil (pemanggilan tidak berdasar nomor, jadi lebih baik tunggu didekat Loket 2, duduk santai saja tidak usah kemana-mana + 5 menit), di sana terima Surat Setoran Pajak Daerah (2 lembar, warna biru & putih) yang isinya jumlah biaya STNK yang harus dibayar.

g. Setelah itu antri di Kasir (ada 2 kasir), bayar sejumlah uang sesuai yang tertera di form dari loket 2 (ctt: dapat bayar di ATM Bank DKI yang berlokasi di belakang bangku antrian dan merupakan ATM Bersama). Surat Setoran Pajak Daerah yang kita punya akan di-cap lunas.

h. Loket terakhir paling kanan. Terdapat LCD yang menampilkan nomor STNK yang sudah diproses. Bisa pantau STNK yang diproses di situ atau tunggu saja panggilan dari petugas sesuai STNK dan nama yang tertera di STNK. (jangan antri di depan loket, NDESSO).

i. Berikan lembaran Surat Setoran Pajak Daerah yang warna biru ke petugas Loket Pengambilan STNK, karena berdasarkan lembar biru itu petugas akan memanggil untuk memberikan plat nomor baru.

estimasi waktu : + 45 menit

Biasanya petugas akan memanggil dengan otomatis jika plat sudah selesai dibuat, namun pada kasus komuter kemarin, petugas bilang plat akan selesai pada pukul 14.00 waktu setempat karena terpotong waktu istirahat di hari Jumat yang cukup panjang. (waktu itu sekitar pukul 10.15)

Alhamdulillah petugas tersebut memberi solusi yang cukup jitu. Kembali ke tempat cek phisik, di sebelahnya tempat pembuatan plat nomor. berikan lembar biru yang sudah tertanda lunas ke petugas di sana dan tunggu + 3 menit plat nomor baru HOT sudah selesai. ingat !!! HOT plat nomor yang anda terima masih panas karena baru dicetak dan disemprot warna. jemur sebentar biar kering dan BOENGKOESSSS.

tips :

datang pagi antara pukul 08.00 ~ 09.00

langsung cek phisik untuk menghemat waktu

siapkan uang receh untuk bayar saat cek phisik, (tidak wajib/tidak harus) dan pembuatan plat nomor baru. (tidak wajib/tidak harus)

JANGAN BERDIRI DI DEPAN LOKET, NNNDESSSOOOOOO duduk saja