komuter,

rekan komuter,

sudah saatnya anda-anda sekalian mengetahui, mengapa komuter menyebut diri komuter. inilah definisi komuter yang komuter dapatkan dari wikipedia dan memang benar, begitulah adanya komuter.

silahkan…..

Kata komuter (berasal dari bahasa Inggris commuter; dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai penglaju), berarti seseorang yang bepergian ke suatu kota untuk bekerja dan kembali ke tempat tinggalnya setiap hari, biasanya dari tempat tinggal yang cukup jauh dari tempat bekerjanya.

Sebagai contoh, para pekerja yang bekerja di Jakarta, biasanya bertempat tinggal di tangerang, depok, Bekasi, dan Bogor, bahkan di tempat yang lebih jauh seperti Karawang, Sukabumi, dan Pandeglang. Mereka disebut komuter jika mereka pulang pergi dari tempat tinggal mereka ke tempat kerja mereka hampir setiap hari.

komuter di kota besar seperti Jakarta banyak menghabiskan waktu mereka di perjalanan. Berangkat pagi gelap dan pulang setelah malam menjadi gelap. Hal ini disebabkan kemacetan yang menjadi langganan di kota-kota besar di  Indonesia terutama di Jakarta.

Para komuter menghadapi masalah mahalnya harga sewa rumah atau tanah di dekat tempat bekerja mereka, sehingga mereka tidak mempunyai pilihan lain kecuali tinggal di tempat yang cukup jauh dari tempat bekerja mereka. Daerah di sekeliling pusat pertumbuhan seperti Jakarta yang merupakan daerah tempat tinggal para komuter yang bekerja di pusat pertumbuhan tersebut secara demografis disebut sabuk komuter (commuter belt).