memaksa,

alarm wakeup call di tengah malam buta dan hujan deras itu (pukul 05.00), memaksa untuk terbangun.

ompol raja ali haji yang menempel di tubuh, memaksa untuk mandi di pagi yang dingin dan gelap (lupa nyalain lampu; buruburu).

keharusan bekerja walau dengan kondisi apapun, memaksa untuk menggunakan roda dua ditengah hujan deras pagi itu (untung belum dicuci).

lampu lalu lintas yang menyala merah, memaksa untuk berhenti. tapi stop, tunggu dulu. ini adalah simpang lima pasar senen, dimana banyak manusia lalulalang bahkan hingga luber ke jalan raya. namun apa yang dilakukan pria itu di ban belakang sebelah kanan sebuah metromini yang (terpaksa) berhenti karena lampu merah…. dia pipis. dengan banyak pasang mata menyaksikan baik di dalam mobil, di atas sadel motor, yang lewat, yang berdiri di pinggir jalan, dan yang paling ramai dan paling fokus adalah mereka yang berada di halte busway. dasar kondektur metromini ga’ tau situasi.

rombongan kendaraan yang jalan setelah berhenti sejenak di lampu lalu lintas, memaksa untuk ikut jalan juga. ternyata setelah hampir melewati ujung persimpangan baru sadar bahwa lampu masih menyala merah.
MA’AF tidak bermaksud untuk melanggar tapi tidak sempat periksa karena yang lain jalan jadi ikut jalan juga (pembelaan diri; pembenaran).

getaran pada handphone yang berkali-kali di pagi itu, memaksa untuk berhenti di pinggir jalan di tengah gerimis mengundang. ternyata dari lina seorang donatur IBSN yang beberapa kali menghubungi dan mengSMS. dalam benak: “jam segenee nelpon”. cuma bisa SMS balik, kemudian melanjutkan perjuangan perjalanan. maaf.

perut yang lapar, memaksa untuk segera mampir di kantin, namun apa daya sudah tertangkap rekan kerja yang ‘Alhamdulillah’ sudah makan dan ada tugas penting yang harus kami kerjakan bersama. segera merancang tugas yang akan dilakukan, hingga dering handphone kembali terdengar “kriiiing” suara standart dering nokia pemberian seseorang (yang penting punya). ternyata lina, penasaran dia. ah suaranya empuk sekali dalam suasana hujan, lapar dan puyeng ngurusin kerjaan. terima kasih sudah menghubungi >salam kenal<

program kerja yang terpampang di layar komputer, memaksa untuk kembali bekerja. sekian saja postingan ini.

anda memaksa, mari berbagi