IBSN: cemas,

cemas kami sebagai orang tua mengingat raja ali haji sudah beranjak besar, 4 tahun usianya pada tanggal 31 januari nanti.

cemas dengan usia segitu berarti raja ali haji (harus) bertambah kepandaiannya. kepandaian seperti apa: membaca & menulis. kami sepakat untuk mengajar sesuai mood raja ali haji dalam arti jika menolak belajar, tidak boleh dipaksa.

cemas jika dalam proses pembelajaran kami tidak pandai mentransfer ilmu. yang kami tahu raja ali haji cerdas dan mampu berobservasi dan menganalisa sesuatu dengan sangat baik.

cemas saja tidak cukup. kami harus melakukan tindakan, entah dari mana asalnya ide tersebut, namun kami sering membelikan buku dan majalah untuk anak-anak yang ternyata harganya mahal amat (menurut pemikiran kami yang otaknya tidak sampai sekilo)

cemas masih ada, sekarang raja ali haji sudah banyak mengenal huruf dan angka. hingga ada saat dimana kami berkunjung ke rumah nenek, kebetulan ada kakak beserta anaknya yang seusia dengan raja ali haji. kami yakin dan percaya bahwa setiap anak adalah unik dan punya potensi/kelebihan masing-masing. namun keponakan kami tersebut sudah di sekolahkan dan baru saja selesai kursus membaca dan menulis dengan biaya yang hhmmmmm….

cemas sudah pasti, ketika saling berbicara kepandaian anak. Alhamdulillah kalau dibandingkan (sebenarnya tidak baik kalau dibanding-bandingkan) raja ali haji lebih familiar dalam hal membaca dan menulis. kemudian kami baru tahu setelah nenek bercerita bahwa keponakan kami tersebut dipaksa untuk belajar (dimarahi, sedikit cubitan, dan celaan).

cemas setelah mendengar cerita tersebut. padahal berdasar referensi yang kami baca, anak seusia itu lebih baik bermain dari pada belajar. oleh karena itulah dalam proses pembelajaran kami lebih mengedepankan bermain daripada “belajar”.

cemas saat harus membuktikan bahwa raja ali haji sudah mengenal huruf padahal belum sekolah. kebetulan ziarah ke makam kakek dan Alhamdulillah raja ali haji dapat menyebutkan dengan tepat nama kakek yang tertera di batu nisan.

cemas atas kemampuan kami nantinya ketika tuntutan raja ali haji akan ilmu semakin meningkat.

.

bagaimana cemas anda, mari berbagi