IBSN: tips berkendara hemat bbm ala eco drive

Cara berkendara kita dinilai oleh mesin kendaraan. tidak percaya? Coba bayangkan, selama ini kita tahu bahwa penyebab utama tingginya konsumsi bbm adalah jarak perjalanan yang harus ditempuh dan parahnya kemacetan lalu lintas. Sebenarnya yang paling berpengaruh dalam hal tingginya konsumsi bbm pada kendaraan adalah cara kita mengendarainya.

Dari sekian alasan konsumsi bbm pada kendaraan ada satu cara menghemat yang disebut dengan eco drive.

eco drive? Apaan tuh…..

Dengan terjemahan bebas yang saya bisa, eco drive adalah :

Eco à economist à ekonomis à (mengukur berbagai biaya)

Drive à driving à mengemudi à mengendarai kendaraan bermotor à (operate or control a vehicle)

Jadi yang disebut eco drive dalam definisi saya secara subyektif adalah, cara kita mengendarai kendaraan bermotor dengan aman, nyaman, dan menyenangkan serta minimnya biaya yang kita keluarkan dalam berkendara tersebut.

Beberapa cara eco drive :

penggunaan persneling dalam berkendara : bagi yang masih menggunakan persneling manual, tips penggunaannya adalah segera pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi lagi asap (as soon as posible) bahkan pada saat rpm (rotation per minute) masih rendah. beberapa penelitian menunjukkan, bahwa gigi lima pada kendaraan bisa diperoleh, bahkan pada saat kendaraan masih berada pada rpm 2500. bahkan pada mesin diesel, rpm 2000 sudah bisa mencapai gigi enam.

penggunaan rem dalam berkendara : usahakan tidak melakukan pengereman secara mendadak, perhatikan kondisi jalan dan pelajari jika kita sering melewati jalan yang sama secara rutin, maka kita pasti tahu lokasi lampu lalu lintas. sebelum mencapai lampu lalu lintas, kurangi kecepatan dan pindahkan gigi secara gradual hingga mencapai posisi netral.

matikan mesin kendaraan pada saat berhenti, apalagi jika berhenti hingga lebih dari satu menit, seperti harus menerima telepon atau ada yang harus dibeli di pinggir jalan.

Demikian beberapa tips dari saya, jika ada yang memiliki idea atau masukan silahkan sharing di komen ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

referensi :

sinar harapan

mbah

Diterbitkan oleh komuter

seorang komuter yang wara-wiri antara rumah @Parung dan kantor @Cinere. mobilitas dibantu oleh dua tunggangan setia secara bergantian : smash 2004 dan xtrada2011. sekarang ganti dengan Mio Z karena smash ditabrak ma' ma' sen kiri belok kanan.

14 tanggapan untuk “IBSN: tips berkendara hemat bbm ala eco drive

  1. Tambahin yaa pengalaman saya, jangan memaksakan gas apabila terasa berat (khususnya gigi empat), sebaiknya bila ingin kendaraan lebih melaju, turunkan dari gigi 4 ke 3 dengan begitu mesin akan terasa ringan sehinnga tidak perlu terlalu menekan gas yang menyebabkan keluarnya bahan bekar secara berlebihan
    biasanya kalo agak mendaki dikit gigi 4 jadi berat apa lagi kalao waktu memindahin tidak tepat.:D

    setubjuh, maksudnya kalau kecepatan rendah maka transmisi juga tidak usah yang tinggi karena akan konsumsi bbm lebih banyak lagi alias malah lebih boros.

  2. hindari melamun dan jika sedang emosi sebaiknya jgn mengendarai kendaraan, lebih baik jalan kaki saja… 🙂

    kalo lagi emosi, baik jalan kaki maupun berkendara sama saja, berbahaya. lebih baik di kantor warnet ngeblog

  3. Content bagus, punya segmen gitu lohhhh, ya meski interfacenya masih perlu pembenaha

    thx,
    interface, masih terus dalam pembenahan, mungkin tak akan pernah selesai, karena manusia tidak pernah puas, dan setiap manusia berbeda dalam hal kepuasan, jadi saya akan berusaha untuk merubah-rubah interface agar semua bisa puas, walaupun pada dasarnya saya bukan alat pemuas

  4. Horeee, sy ditraktir makan gado-gado…. ciheuy…
    mana yang benar, pernyataan di bawah ini :
    “Cara berkendara kita dinilai oleh mesin kendaraan.” atau “Cara berkendara kita dinilai dari mesin kendaraannya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: