komuter

belajar fotografi

In sharing on November 4, 2011 at 10:34 am

Alhamdulillah dapat kepercayaan dari kantor untuk ikut pelatihan lagi. kali ini saya mendapat tugas belajar/pelatihan mengenai fotografi. ternyata dunia yang satu ini sangat mengasikkan. hanya saja saya tidak tertarik untuk utak-atik gambar di aplikasi editing. karena foto adalah penggambaran dari suatu kejadian di satu waktu tertentu yang tak akan terulang kembali. kalau foto diedit berarti ada kepalsuan yang tersurat dibalik makna momen yang tersirat.

pengajarnya adalah pak Ferry Ardianto. jika ingin lebih banyak tahu mengenai beliau, klik saja google dan ketikkan nama beliau. saya sengaja tidak menuliskan tentang beliau di sini karena saya khawatir apa yang saya tuliskan tidak berkenan di hati beliau.

ini saya sharing sedikit ilmu yang saya dapat ketika pelatihan berdasar catatan sendiri :

———————————————————————————————————————————————————————————–

gambar yang bagus

gambar yang baik

gambar yang bagus adalah gambar yang ??

gambar yang baik adalah gambar yang dapat mendefinisikan dengan baik dari gambar yang sudah bagus menjadi dapat menyampaikan pesan sesuai dengan keinginan pengambil gambar.

Konsep gambar dalam fotografi :

  1. Cahaya dan pencahayaan
  2. Komposisi dan arah kamera

Portraiture : karakter, tokoh

Elemen dasar agar foto menarik :

  1. Gambar yang baik tercahayai dengan baik
  2. Gambar yang baik terkomposisi dengan baik
  3. Gambar yang baik membangkitkan “rasa”
  4. Gambar yang baik bercerita
  5. Gambar yang baik mengundang persepsi
  6. Gambar yang baik mengandung pesan

Hal paling penting dalam membuat gambar adalah imajinasi

Alat dalam pemotretan :

  1. Kamera
  2. Lensa
  3. Cahaya
  4. Latar belakang yang sesuai
  5. Elemen penunjang cerita

Lensa kamera :

  1. Focal length
  2. Angle of view
  3. Lens speed

Jenis-jenis lensa :

  1. Lensa standard                    à 35mm~65mm
  2. Lensa “wide angle”              à 24mm~35mm
  3. Lensa zoom

Jenis-jenis cahaya :

Berdasarkan sumbernya :

  1. Cahaya alami (natural lightsource)
  2. Cahaya buatan (artificial lightsource)

Berdasarkan arahnya :

  1. Frontlight (arah cahaya dari depan sejajar lensa)
  2. Sidelight (arah cahaya dari samping)
  3. Backlight (arah cahaya menghadap lensa)

ASA                : Kepekaan sensor

SPEED          : kecepatan

APERTURE  : bukaan lensa

——————————————————————————————————————————————————————————

dan beberapa gambar hasil hunting kemarin :

.

(foto lain menyusul)

  1. Astaga… menurut saya, gak ada yang namanya kelas menulis dalam fotografi. Semua itu harus dijelaskan secara langsung di lapangan! :P

    Jadi, kalo mau makin jago, ya harus banyak motret! ;)

    • maaf, saya tidak mengerti dengan maksud “kelas menulis dalam fotografi”. karena tidak ada satupun dalam postingan ini yang mention mengenai kelas menulis dalam fotografi.
      mohon penjelasan……… terima kasih

  2. (lagi-lagi) kata guru saya, “it’s not about the camera, it’s about man behind the camera” :D

  3. kalau saya sih poto profilnya aja yang megang kamera, orang nya cuma dikit tahu soal fotografi… ihir

  4. saya mah mau di foto aja :oops:

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

